Thursday, November 19, 2009

1 thn bergelar dokter...

Ga terasa udah 1 tahun gue jadi dokter!WOOW...ga terasa ya ...
gue merasa baru kemaren disumpah eh sekarang udah satu tahun sejak saat itu. bener2 ga terasa ...
tahun lalu gue masih jadi dokter yang baru lulus yang masih punya idealisme yang cukup tinggi!pengen mengabdi!pengen memenuhi kebutuhan dokter didaerah terpencil!pengen melayani pasien dengan maksimal dengan manusiawi!pengen merubah mindset masyarakat indonesia!pengen membuat komunitas sehat lahir batin!
sekarang setelah 1 tahun gue jadi dokter....
WOW!!
(baru sadar  setelah nonton grey's anatomy) ternyata gue sekarang da berubah!hati dokter gue ga "seputih" dulu!sekarang gue ga merhatiin "nama" pasien, ga mem "follow up" pasien, ga merhatiin kondisi psikologi pasien!sekarang gue hanya bekerja melayani pasien "sekadar"nya aja!memandang dan merasakan "kematian" pasien adalah hal biasa!ga berusaha maksimal melakukan sesuatu saat keadaan pasien sedang kritis karena tau prognosisnya pasti jelek!ga berpikir lagi melakukan hal2 yang bisa merubah mindset masayarakat tentang kesehatan!yang gue pikirin hanya......
gimana caranya gue mendapatkan "sepeser sen" untuk hidup layak dan bisa bersenang-senang!gimana cara gue bisa sekolah lagi karena ga mau stagnant jadi dokter umum!gimana gue bikin usaha diluar bidang gue untuk bisa "geluti"! yang semuanya bikin hati dokter gue jadi byk "debu"nya!gue ga merasakan empati lagi!gue ga punya keinginan yang kuat untuk bisa memecahkan kasus penyakit yang dialami pasien gue dengan harapan pasien sembuh!!gue ga ada usaha untuk membuat program dan kegiatan kesehatan!gue ga berusaha untuk menjadi dokter yang bermanfaat!OUCHHHHHHHHH!!!

kayanya perlu byk nonton film2 kedokteran neh!perlu baca artikel2 tentang orang2 yang bersemangat untuk bermanfaat buat orang lain dan lingkungan sekitar!perlu ber"diskusi" "ngobrol" dengan teman2 sejawat seperjuangan! berharap semua itu bisa membersihkan "debu-debu" dihati dokter gue!berharap dengan semua itu gue kembali menjadi dokter yang punya hati nurani, yang tetap punya misi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat indonesia!

No comments:

Post a Comment